Kamis, 29 Januari 2015

 02.23      No comments

MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK
Setelah kita membahas tentang gambar manual selanjutnya yang saya akan bahas adalan teknik yang kedua dalam menggambar bangunan yaitu menggambar dengan perangkat lunak atau sering disingkat MPL.
Perangkat biasa lunak yang kita gunakan adalah AUTOCAD, 3DS MAX, GOOGLE SKETCHUP, ARCHICAD, tetapi yang sering digunakan disekolah saya yaitu AUTOCAD, jadi saya akan membahas AUTOCAD.
Dan yang saya tampilkan ini adalah AUTOCAD 2008.
Berikut ini adalah sekilas tentang autocad:
Program AutoCAD
Suatu perusahaan pembuat perangkat lunak di Amerika, AUTODESK telah menciptakan perangkat lunak untuk membantu perancangan yaitu Computer Aided Design (CAD). Perangkat lunak tersebut adalah AUTOCAD, yang saat ini telah banyak digunakan dalam berbagai bidang teknik, antara lain gambar Arsitektur, Mesin, Automotif, Survai dan Pemetaan dan sebagainya.

Dewasa ini AutoCAD adalah salah satu dari perangkat lunak CAD yang terbanyak digunakan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri maupun perorangan. Hal ini disebabkan karena perangkat lunak ini menawarkan berbagai kemudahan dalam menggambar, baik gambar 2 dimensi maupun 3 dimensi secara akurat dan memiliki sekian banyak fasilitas untuk mempercepat proses menggambar. Selain itu karena AutoCAD adalah perangkat lunak CAD yang pertama dan yang dapat dijalankan pada PC (Personal Computer).
Pada dasarnya perintah-perintah pada program AutoCAD dikelompokkan menjadi 3, yaitu perintah-perintah gambar, perintah-perintah edit/modifikasi dan perintah perintah bantu/ utilitas. Tidak semua perintah divisualisasikan dengan icon, tetapi pada umumnya untuk perintah printah yang sangat sering digunakan disediakan icon-nya.

Tampilan Grafis AutoCAD
Sebelum masuk ke tampilan grafis program AutoCAD, tentunya kita harus menghidupkan komputer terlebih dahulu, kemudian jalankan program dengan cara mengklik dua kali Icon AUTOCAD dari desktop, atau dengan cara mengklik Start -> Program -> AutoCAD
Catatan:
Selain dengan kedua cara di atas, KALIAN juga dapat menjalankan progam AutoCAD dari Explorer, atau dengan mengklik dua kali file gambarnya bila telah ada/telah dibuat. Setelah beberapa detik, kita akan masuk pada tampilan grafis program AutoCAD seperti gambar di bawah ini. 

Tampilan Grafis AutoCAD
Berikut ini dijelaskan bagian-bagian dan fungsi dari tampilan
tersebut:
Baris paling atas disebut Titlebar atau Baris judul.
Pada baris ini diperlihatkan file gambar yang sedang aktif. Bila kita belum pernah menyimpan file yang sedang kita buat, secara otomatis file tersebut diberi nama Drawing oleh AutoCAD.

Baris kedua dari atas disebut Pop up menu atau Menubar.
Pada baris ini terlihat menu File, Edit, View, Insert dan seterusnya. Bila kita klik pada menu tersebut, maka akan terlihat kumpulan sub menu di bawahnya.

Baris ketiga dari atas disebut Standar toolbar.
Baris ini berisi perintah-perintah standar windows, seperti perintah untuk membuat file baru, membuka file, mencetak, print preview, cut, copy, paste dan seterusnya. Disebut toolbar standar karena perintah perintahnya sama seperti yang digunakan pada windows pada umumnya.

Baris keempat dari atas disebut Object properties toolbar.
Baris ini berfungsi untuk menentukan properties/karakter dari suatu
objek gambar.

Baris kesatu dari bawah disebut Status line atau Baris status.
Baris ini memperlihatkan koordinat yang sedang aktif, modusmodus
yang sedang aktif dengan ciri berwarna hitam, sedangkan yang non aktif berwarna pucat, modus-modus tersebut antara lain modus Snap, Grid, Ortho, Osnap dan seterusnya.

Baris kedua dari bawah disebut Command line atau baris perintah.
Baris ini memperlihatkan apa yang diminta, dan apa yang dikerjakan oleh program. Melalui baris perintah inilah kita berkomunikasi dengan program AutoCAD sehingga disarankan bagi pemula agar selalu memperhatikan baris perintah ini, pada saat kita menggunakan program AutoCAD.

Kolom pertama setelah baris keempat dari atas disebut drawing toolbar, yang merupakan sekumpulan icon-icon yang masingmasing mewakili satu perintah. Contoh: icon berfungsi untuk membuat garis, icon berfungsi untuk membuat polygon, dan seterusnya.

Gambar panah berbentuk huruf L disudut kiri bawah disebut UCS (User Coordinat Sistem), berfungsi untuk mengatur orientasi Crosshair, dan mengatur koordinat objek gambar.

Crosshair berbentuk kotak kecil dan tanda silang didalamnya, menunjukkan koordinat yang aktif, serta untuk menentukan titik koordinat melalui mouse, digitizer atau tablet (alat-alat penunjuk).

Scrollbar berbentuk tanda panah ke atas dan ke bawah, ke kiri dan ke kanan, berfungsi untuk menggeser posisi gambar pada monitor.

Tombol minimize, maximize, dan close.
Termasuk tombol-tombol standar windows. Minimize berfungsi untuk melipat/menutup sementara tampilan program bila kita akan 321 beralih ke program lainnya. Maximize berfungsi untuk memperbesar optimal tampilan program, atau berfungsi sebagai restore, setelah program di lipat/ditutup. Sementara, tombol close berfungsi untuk menutup/keluar dari program/selesai dari program.

Bagian lainnya yang paling luas disebut screen area atau
daerah gambar, atau daerah kerja (work sheet)

Demikianlah tentang perangkat lunak yang biasa saya gunakan disekolah.
Terimakasih ...

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Pengikut

Popular Posts

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.