Kamis, 29 Januari 2015

 02.34      No comments

Menggambar Dasar Dengan Perangkat Lunak
Setelah kita mengetahui apa AUTOCAD itu dan bagian bagiannya, untuk selanjutnya yang saya akan bahas adalah tentang cara menjalankan program AUTOCAD.
Berikut adalah tentang cara menjalankannya:
1. Sistem Koordinat
Sistem koordinat yang digunakan dalam AutoCAD yaitu:
a. koordinat Absolut atau koordinat Cartesian
b. koordinat Cartesian Relatif
c. koordinat Polar Relatif
Ketiga sistem koordinat ini dapat kita gunakan semuanya pada proses penggambaran dan pengeditan gambar. Pemilihan sistem koordinat tergantung pada kondisi objek yang harus digambar atau objek yang harus di edit.
2. Menentukan Luas Daerah Gambar/Daerah Kerja (Limits)
Sebelum kita mulai menggambar, terlebih dahulu kita harus tentukan luas daerah gambar/daerah kerja.
3. Point
Perintah point digunakan untuk menggambar suatu titik.
4. Line
Perintah Line kita gunakan untuk membuat garis, satu garis selalu mempunyai dua titik, yaitu titik awal garis dan titik akhir garis.
5. Circle
Perintah ini digunakan untuk membuat suatu lingkaran.
6. Ellipse
Perintah ini digunakan untuk membuat suatu elips atau bulat.
7. TRACE
Perintah ini berfungsi untuk membuat garis dengan ketebalan tertentu, garis tersebut dapat dibuat terisi ( solid ) atau dapat juga ditampilkan hanya garis tepinya saja.
8. Doughnut
Perintah donut atau doughnut berfungsi untuk membuat lingkaran yang mempunyai diameter dalam dan diameter luar mirip seperti donat, hasil gambar dari perintah ini dipengaruhi pula oleh variable FILL untuk itu set kembali variabel Fill dalam keadaan On.
9. Arc               
Busur adalah lingkaran yang terpotong, banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat busur, berikut ini akan dijelaskan satu persatu cara pembuatan busur tersebut.
10. Rectangle
Perintah ini digunakan untuk membuat gambar empat persegi panjang dengan menentukan posisi dua titik sudut yang bersebrangan. Sebuah rectangle dianggap satu buah entity, sama halnya seperti lingkaran.
11. POLYGON
Polygon adalah segi banyak beraturan (panjang sisi-sisinya sama ). Banyak sisi polygon yang diperbolehkan adalah 3 sampai dengan 1024. Kurang dari 3 atau lebih dari 1024 dianggap tidak valid.
12.SOLID                     
Perintah solid digunakan untuk membuat bidang padat yang berbentuk segi empat atau segi tiga. Perintah ini juga dipengaruhi oleh variabel FILL, jika Fill dalam keadaan on maka objek yang dipadatkan akan tampak berwarna sesuai dengan warna layar yang sedang diaktifkan, dan jika Fill dalam keadaan off maka bidang solid hanya akan tampak garis tepinya saja.
13.Erase
Perintah ini digunakan untuk menghapus objek gambar, bila objek
gambar berada pada lapis (layer) yang terkunci maka objek gambar
tersebut tidak bisa dihapus atau bila file gambar yang disunting
diprotek.
14. Fillet
Perintah ini digunakan untuk mempertemukan dua buah entity garis,
busur atau lingkaran.
15. Chamfer
Perintah chamfer digunakan untuk memotong dua buah garis
dengan jarak tertentu dan kedua ujungnya dihubungkan dengan
garis lain, perintah ini tidak berlaku apabila dua garis yang akan
dihubungkan pada posisi sejajar.

Demikianlah tentang perintah perintah dalam AUTOCAD..
Selamat mencoba ,, terimak kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Pengikut

Popular Posts

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.