Menggambar Dasar Dengan Perangkat Lunak
Setelah kita mengetahui apa AUTOCAD itu dan bagian
bagiannya, untuk selanjutnya yang saya akan bahas adalah tentang cara
menjalankan program AUTOCAD.
Berikut adalah tentang cara menjalankannya:
1. Sistem Koordinat
Sistem koordinat
yang digunakan dalam AutoCAD yaitu:
a. koordinat
Absolut atau koordinat Cartesian
b. koordinat
Cartesian Relatif
c. koordinat
Polar Relatif
Ketiga sistem
koordinat ini dapat kita gunakan
semuanya pada proses penggambaran
dan pengeditan gambar. Pemilihan sistem koordinat tergantung pada kondisi objek yang harus digambar
atau objek yang harus di edit.
2. Menentukan Luas Daerah
Gambar/Daerah Kerja (Limits)
Sebelum kita mulai menggambar,
terlebih dahulu kita harus
tentukan luas daerah
gambar/daerah kerja.
3. Point
Perintah point digunakan untuk
menggambar suatu titik.
4. Line
Perintah Line kita gunakan untuk membuat
garis, satu garis selalu mempunyai
dua titik, yaitu titik awal garis dan titik akhir garis.
5. Circle
Perintah ini
digunakan untuk membuat suatu lingkaran.
6. Ellipse
Perintah ini
digunakan untuk membuat suatu elips
atau bulat.
7. TRACE
Perintah ini
berfungsi untuk membuat garis dengan ketebalan tertentu, garis tersebut dapat dibuat terisi (
solid ) atau dapat juga ditampilkan hanya garis tepinya saja.
8. Doughnut
Perintah donut
atau doughnut berfungsi untuk membuat lingkaran yang mempunyai
diameter dalam dan diameter luar mirip seperti donat, hasil gambar
dari perintah ini dipengaruhi pula oleh variable FILL untuk itu set kembali variabel Fill dalam keadaan On.
9. Arc
Busur adalah
lingkaran yang terpotong, banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat busur, berikut ini akan
dijelaskan satu persatu
cara pembuatan busur tersebut.
10. Rectangle
Perintah ini
digunakan untuk membuat gambar empat persegi panjang dengan menentukan posisi dua titik sudut yang bersebrangan. Sebuah rectangle dianggap satu buah entity, sama halnya seperti lingkaran.
11. POLYGON
Polygon
adalah segi banyak beraturan (panjang sisi-sisinya sama ). Banyak sisi polygon yang diperbolehkan adalah 3
sampai dengan 1024. Kurang dari 3 atau lebih dari 1024 dianggap
tidak valid.
12.SOLID
Perintah solid
digunakan untuk membuat bidang padat yang berbentuk
segi empat atau segi tiga. Perintah ini juga dipengaruhi oleh variabel FILL, jika Fill dalam keadaan on maka
objek yang dipadatkan
akan tampak
berwarna sesuai dengan warna layar yang sedang
diaktifkan, dan jika
Fill dalam keadaan off maka bidang solid hanya
akan tampak garis tepinya
saja.
13.Erase
Perintah ini
digunakan untuk menghapus objek gambar, bila objek
gambar berada
pada lapis (layer) yang terkunci maka objek gambar
tersebut tidak
bisa dihapus atau bila file gambar yang disunting
diprotek.
14. Fillet
Perintah ini
digunakan untuk mempertemukan dua buah entity garis,
busur atau
lingkaran.
15. Chamfer
Perintah chamfer
digunakan untuk memotong dua buah garis
dengan jarak
tertentu dan kedua ujungnya dihubungkan dengan
garis lain,
perintah ini tidak berlaku apabila dua garis yang akan
dihubungkan pada
posisi sejajar.
Demikianlah tentang perintah perintah dalam AUTOCAD..
Selamat mencoba ,, terimak kasih.
0 komentar:
Posting Komentar